Pramuka

Jumat, 14 Agustus 2015

SOFTWARE

Software adalah program yang berisi instruksi untuk melakukan proses pengolahan data, tanpa adanya software komputer hanyalah sesuatu yang tidak berisi.

Macam-macam Perangkat Lunak:
u      Sistem Operasi (Operating System)
u      Program Aplikasi (Application Programs)
u      Bahasa Pemrograman (Progamming Language)
u      Program Bantu (Utility)


1. Sistem Operasi (Operating System)
adalah program awal yang mengendalikan sistem kerja komputer yang mendasar yaitu kerja input, proses dan output termasuk mengatur memori dan jadwal kerja prosesor.
Contoh sistem operasi, yaitu:
a. IBM-DOS (IBM-Disk Operating System)
b. MS-DOS (Microsoft Disk Operating System)
c. Microsoft Windows
d. OS/2
e. OS/400
f. Linux
g. Unix
h. Sun Microsystem

2. Program Aplikasi (Application Programs)
adalah software yang dirancang khusus untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu.
Program Aplikasi dibagi menjadi:
A. Word Processing merupakan aplikasi yang berorientasi pada penngolah kata. Contohnya: WordStar, Word Perfect, ChiWriter, dan Microsoft Word. Aplikasi ini membantu kita dalam membuat dokumen surat, curriculum vitae, dan karya tulis. salah satu contoh gambar diambil dari Word Perfect
 

B. Spreadsheet adalah aplikasi yang berorientasi pada pengolahan angka. Contohnya: Lotus 123, SuperCalc, Quattro, Symphony, dan Microsoft Excel. salah satu contoh gambar diambil dari Lotus 123

C. Presentasi adalah aplikasi yang berorientasi untuk mempresentasikan makalah. Contohnya: Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash. Contoh gambar diambil dari Macromedia Flash.

D. Database adalah aplikasi yang berorientasi pada pengolahan data. Contohnya: dBase III+, FoxBase, Foxpro, Microsoft Access.Database juga ada yang berbasis teks seperti dBase III+ dan berbasis grafis seperti Microsoft Access. Contoh gambar diambil dari Visual foxpro
E. Deskop Publishing adalah aplikasi yang berorientasi pada pengolahan gambar (desain grafis). Contohnya: Ventura,Page Maker, CorelDraw, dan Photoshop. Contoh gambar diambil dari Page Maker 7.0
F. Multimedia adalah aplikasi yang dapat digunakan dengan beberapa media baik melalui komputer,PDA, handphone, dan peralatan teknologi informasi lainnya. Contohnya VLC,WMP, Codec, ACDsee. Contoh Gambar diambil dari Codec
G. Internet adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu dalam mencari aplikasi informasi dan komunikasi melalui jaringan internet. Contohnya: Internet Explorer, Mozilla Firefox, Chat,Comodo Dragon, dan Messenger. Contoh gambar diambil dari Comodo Dragon

H. CAD(Computer Aid Design) adalah aplikasi yang berorientasi pada pengolahan rancangan konstruksi mesin ataupun bangunan, Contohnya AutoCAD, FreeCAD, Sketchup make, dan LibreCAD.
 
3. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
adalah software yang digunakan dan berfungsi untuk membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa dengan aturan atau prosedur tertentu.
Level tingkat bahasa pemprograman, yaitu:
A. Bahasa tingkat rendah (Low Level Language) disebut juga bahasa mesin (assembler), di mana pengkodean bahasa ini dengan menggunakan kode angka 0 dan 1.

B. Bahasa tingkat tinggi (High Level Language), Bahasa ini termasuk bahasa pemrograman yang mudah karena menggunakan bahasa inggis. Contohnya: BASIC, COBOL, FORTRAN, PASCAL.

C. Bahasa generasi keempat (4GL) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Progamming (OOP).
 

4. Progfram Bantu (Utility)
berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang berhubungan dengan komputer. Contohnya: memformat disket, mengkopi data, mengkompres file.
A. Norton Utility (Norton Commander, Norton Disk Doctor)
Norton Commander merupakan utility dalam mengelola file yang memberikan kemudahan dalam mengopi file, membuat folder atau directory, mengganti nama file. Norton Disk Doctor, software untility yang dapat membantu mengecek harddisk atau disk yang rusak dan memindah sektor-sektor yang rusak untuk tidak digunakan lagi.
B. WinZip, aplikasi ini berguna untuk mengkompres file.Mengkompres adalah mengubah ukuran file yang besar menjadi kecil, sehingga ketika akan membackup file tidak memakan ruangan memori yang besar.


C. Norton Ghost, Aplikasi ini membantu kita untuk membackup harddisk secara keseluruhan termasuk software sistem operasi dan aplikasi dan membackup partisi.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar